Friday, November 30, 2012

USM STIS 2013/2014

Ujian Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (USM-STIS) menerima siswa-siswi tamatan SMA untuk melanjutkan studi di STIS. Mereka yang nantinya terpilih akan dididik menjadi ahli statistik yang akan bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik. Semua biaya pendidikan ditanggung oleh negara, dan setiap mahasiswa akan mendapat Tunjangan Ikatan Dinas (TID), pada tahun 2012 sendiri TID sebesar Rp. 850.000,-

USM STIS 
USM STIS biasanya dilaksanakan pada bulan Mei, sedangkan pendaftarannya dibuka dari bulan maret hingga beberapa hari sebelum ujian tahap 1 dimulai. Untuk tahun 2012 sendiri pendaftaran di buka mulai 26 maret samai dengan 4 mei 2012, sedangkan ujian tulis atau ujian tahap pertamanya diadakan pada tanggal 12 mei 2012.

Persyaratan seleksi mengikuti USM STIS.

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  2. Lulus Ujian Nasional SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA. Bagi lulusan sebelumnya, memiliki ijazah SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA, dan bagi calon lulusan tahun 2012 memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal atau memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
  3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitifnya. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS), yang dilihat adalah nilai pada semester terakhir saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2012 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1990).
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
  9. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Pendaftaran USM STIS

Pendaftaran untuk mengikuti Ujian Seleksi Masuk STIS sendiri dilakukan secara di website STIS dengan alamat http://www.stis.ac.id/,  pada saat pendaftaran pun kita dapat memilih dimana lokasi ujian kita, yaitu di 33 provinsi di Indonesia. Anda dapat mendaftar ujian dimana saja, dan tidak harus mengikuti ujian dimana Anda menyelesaikan SMA, karena USM ini sendiri bersifat Lintas Wilayah.

Ujian 

Ujian Saringan Masuk STIS sendiri terdiri dari 3 tahap, yaitu
  1. Ujian Tahap 1 : Ujian Tulis yang terdiri dari Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum
  2. Ujian Tahap 2 : Psikotes dan Wawancara.
  3. Tes Kesehatan.
Ujian Tahap 1
Pada Ujian Tahap 1 yang diadakan biasanya pada bulam mei, Ujiannya sendiri berada di 33 provinsi di seluruh Indonesia, jadi anda bisa memilih, dimana saja di 33 provinsi tersebut untuk mengerjakan ujian tahap 1 ini.

Pada Ujian Tahap 1 ini nanti kalian akan diuji dengan 3 kali ujian dalam satu hari yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum, dan setiap Ujian mempunyai waktu sebanyak 90 menit permata pelajarannya. Ikuti setiap Instruksi dari pengawas ujian, ketika waktu habis dan anda disuruh untuk berpindah ke mata pelajaran selanjutnya maka berpindahlah dan jangan tetap mengerjakan mata pelajaran sebelunya. Mata Pelajaran Pertama yang diujikan adalah Matematika, terdapat 60 soal. Lalu Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum, yang masing-masing waktunya adalah 60 menit.

Untuk tipe soalnya, matematika adalah matematika IPA yang dipelajari disekolah, namun dengan tingkat kesulitan yang sedikit lebih tinggi, soalnya sendiri hampi-hampirm mirip dengan soal seleksi Universitas dan Sedikit ke tipe Olimpiade Matematika. Sedangkan Bahasa Inggris soalnya ialah mengenai pelajaran di sekolah, seperti passive voice, tenses dan lain-lain. Untuk Pengetahuan umum sendiri, terdiri dari penggabungan soal Teknologi Informasi, Pengetahuan seputar Statistika, Sejarah, Sosiologi dan lain sebagainya, sebagian materinya pernah didapat di SMA.
Ujian Tahap 2
Ujian Tahap 2 Sendiri merupakan Ujian Wawancara dan psikotes. Untuk Ujian Psikotesnya sendiri akan diuji Psikologi kalian dan bagaiman nantinya kalian dalam bekerja, hanya sedikit saran untuk ujian psikotes ada baiknya berlatih sejak lama. Untuk Ujian tahap 2 ini, nantinya kalian akan diinformasikan setelah kalian lulus ujian tahap 1, jadi tidak semua peserta dapat mengikuti ujian tahap 2 ini, karena hanya mereka yang lulus ujian tahap 1 yang bisa mengikuti ujian ini.

Lalu wawancara, seleksi ini nantinya kalian akan ditanya mengenai kesungguhan kalian masuk STIS, dan beberapa pengetahuan kalian tentang kewarganegaraan. Tipsnya, tetaplah tenang dalam menghadapi pewawancara, dan jangan gugup dan jawablah semua pertanyaan yang ditanya pewawancara dengan baik dan benar.

Tes Kesehatan
Setelah kalian lulus Ujian tahap 2, maka akan ada pengumuman siapa saja yang lulus ujian tahap 2 dan akan mengikuti tes kesehatan. Tes kesehatan sendiri nantinya akan diadakan di rumah sakit umum, atau rumah sakit Polri didaerah kalian masing-masing. Tesnya sendiri seperti medical check up, penyakit dalam dan tes narkoba, bila kalian merasa yakin tidak pernah menyentuh narkoba dan tidak mempunya penyakit seperti jantung, maka yakinlah kalian akan lulus seleksi tahap ini.

Untuk Soal-soal beberapa tahun terakhir ini, kalian dapat membeli bukunya yang berisi soal-soal beserta pembahasannya di KOPMA STIS, dan BPS Provinsi di Provinsi mu, atau dapat gabung di Grup ini untuk pemesanan Online ~ Buku USM 2012 KOPMA STIS ~

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :