Tuesday, January 1, 2013

Resolusi Tahun Baru

Resolusi Tahun Baru

Lama gak nulis, akibat dari kesibukan kampus dan sempat sakit amandel di akhir tahun membuat saya kehilangan feel dalam menulis, padahal banyak yang ingin saya tulis, mulai dari menjelang Natal, hingga Tahun baru ini. Sempat terlintas beberapa topik yang ingin di bahas di tulisan saya namun, semua hilang karena feel untuk menulis sedikit kendor.

Sebelum kita membahas tema yang sesuai dengan judul, ada baiknya saya mengucapkan, Selamat Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 bagi yang merayakan, walaupun sedikit telat, mohon dimaafkan. Baiklah sehubungan sekarang masih tanggal 1, dan masih suasana tahun baru, ditambah cuaca di tempat saya hujan, feel untuk menulis pun datang kembali. Kali ini saya ingin membahas apa yang saya tulis sebagai judul diatas.

Resolusi Tahun baru ialah sebuah bentuk yang dibuat oleh kelompok atau individu (kebanyakan sih individu yang buat dan bersifat pribadi) untuk membuat sebuah target, proyek, keinginan mengubah gaya hidup yang dipandang buruk dan pencapaian baru lainnya yang ingin dicapai di tahun yang akan datang. Mengapa diawal di tahun baru? Karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya setelah kita mengevaluasi (harus dilakukan sebelum membuat resolusi) maka kita akan tahu apa yang kurang dari yang kita capai di tahun yang telah lewat.

Dan Kertas itu telah tergantung di tempat yang paling sering terlihat, tinggal menunggu, waktu untuk mencoretnya satu-persatu
— . (@riioCr) December 31, 2012

Jadi sebenarnya resolusi itu bisa dibuat kapan saja namun asal ada kemauan untuk melakukannya, bukan harus diawal tahun, tapi alangkah baiknya kita melakukan resolusi itu berjangka. Bisa Mingguan, Bulanan, enam Bulanan, atau bahkan harian. Dengan jangka tahunan ini, kita dapat  mengejar banyak hal yang panjang dalam pencapaiannya, dengan membuat resolusi di awal tahun, kita bisa mengetahui apa yang sesungguhnya kita kejar di tahun ini.

Dan lagi resolusi tahun baru tidak harus disaat tahun baru 1 januari, kita juga dapat membuat resolusi di tahun baru hijriah, atau tahun baru cina, atau mungkin tahun baru monyet sekalipun (bercanda), asal dalam pembuatan resolusi tersebut berjangka waktu, dan pendeklarasian dan evaluasinya di tahun baru yang sejenis, misalnya kita membuat resolusi di tahun baru cina, makan nanti kita evaluasinya pada akhir tahun menjelang tahun baru china tahun berikutnya. Kan gak lucu nantinya evaluasinya di tahun baru masehi atau di tahun baru hijriah.

Dalam mebuat resolusi, harus bukan hanya sekedar resolusi yang biasa yang ikut-ikutan, namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan panduan dalam membuat resolusi, hal-hal tersebut saya rangkum dalam beberapa poin berikut ini,

Resolusi Tahun Baru ku di Tahun 2013 yang diberi tanda bintang sebagai tanda Prioritas
  • Sebelum membuat resolusi ada baiknya kita evaluasi diri terlebih dahulu, apa yang telah kita-lakukan, apa yang gagal kita capai di tahun yang akan kita tinggalkan (ada baiknya hal ini dilakukan menjelang akhir tahun), renungkan mengapa kamu bisa gagal, dan apa yang membuatmu gagal.
  • Dari hasil evaluasi tersebut, buatlah apa yang ingin kita capai di tahun akan datang sebagai resolusi tahun barumu, dan masukkan juga apa yang ingin kamu capai di tahun yang akan datang, yang tidak termasuk dalam hasil evaluasi tersebut. Resolusi sebaiknya di buat secara nyata, realistis, berjangka waktu), pikirkan juga apa cara yang harus kamu lakukan untuk mencapainya.
  • Tulislah resolusimu tersebut didalam sebuah kertas, buat agar itu dapat terbaca dengan jelas dan agak besar, jangan tulis dengan tulisan yang mudah dihapus, usahakan agar tidak bisa dihapus sama sekali.
  • Sertakan juga kapan target resolusi itu akan tercapai, misalnya dalam 2 bulan kedepan, di bulan juni, atau hingga akhir tahun nanti. Dan anggap ini sebagai deadline, karena ini akan membuatmu merasa dikejar-kejar, dan lebih mudah untuk mencapainya.
  • Tempelkan itu di tempat yang mudah kamu lihat setiap hari, bisa dimana saja, dibalik pintu kamar, di dinding atau dimana saja (Saya menempelkan di dinding kamar saya).
  • Selain ditempelkan deklarasikan juga itu pada orang-orang (dengan wajar tentunya bukan di depan umum), banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya buat sebagai status facebookmu, buat di twitter, atau di jejaring sosial (kalau saya membuatnya di tulisan  blog saya di sini The Bucket List) apa kegunaannya ini? Dengan mendeklarasikannya kamu mendapat tenaga lebih untuk mencapainya, karena jika kamu gagal melakukannya kamu akan merasa malu dihadapan teman-temanmu (karena saya membuatnya di blog, jadi saya akan malu kepada anda jika saya gagal oleh karena itu saya berusaha lebih)
  • Jangan lupa didoakan, minta Tuhan agar menyertaimu dan memudahkan langkahmu dalam menjalankannya.
Begini seharusnya mengejar apa yang kita ingin di resolusi tersebut
Anda sedang Membaca artikel Mengenai

Resolusi Tahun Baru

Terus lakukan resolusimu hingga satu-persatu tercapai, selalu adakan evaluasi kecil-kecilan untuk melihat seberapa besar progressnya. Hanya ada 2 hal yang menentukan apakah itu berhasil atau gagal, yaitu Tuhan dan Semangatmu Memang susah untuk melakukannya, namun itu hanya diawal, anda akan merasakan bagaimana anda menikmati untuk mengejar hal-hal yang ingin andai capai tersebut. Untuk dapat melaksanakannya saya juga membuatnya ditulisan saya berikut Mencapai Resolusi Tahun Baru


0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :