Wednesday, August 28, 2013

Sejarah yang tidak bisa dihapus

Sepenggal intro mengenai tulisan ini, dari tweet tersebut, saya terpikirkan untuk membuat untuk membuat artikel ini. Banyak pengalaman pahit yang telah saya lalui, mungkin emang tidak terlalu pahit-pahit amat sih dibanding pengalaman orang-orang yang pernah dan belum pernah saya temui.

Pahit itu relatif, dan menurut saya pengalaman buruk yang saya alami itu teramat pahit, yah walaupun dari pengalaman itu, banyak hal yang bisa saya pelajari, tapi sebanyak apapun hal yang bisa dipelajari dari pengalaman itu, adakalanya pengalaman itu tidak bisa ditutupi dengan hal-hal yang dapat kita pelajari tersebut. Bahkan dengan kesuksesan kita pun terkadang tidak mampu untuk menghapus pengalaman buruk itu.

Karena pengalaman buruk itu tetap terus merekat di sejarah hidup kita, walaupun mungkin juga orang-orang yang akan kita temui dimasa depan tidak mengetahuinya, tapi tetap aja itu akan terus merekat di hidup kita. Bahkan mungkin kita harus menuliskannya nanti di CV kita.

Saya hanya mau mengingatkan kepada orang-orang disekitarku, baik yang mengenal, ataupun tidak mengenal diriku, baik pembaca setia blog ini, ataupun hanya tersesat di artikel ini, pergunakanlah kehidupan kalian sebaik-baiknya, jangan salah memilih, dan jangan asal-asal memilih, Tuhan memang memberikan kita kehendak bebas untuk memilih, tapi Tuhan selalu meminta pertanggungjawaban dari setiap pilihan kita (konsekuensinya adalah penderitaan bila kita salah memilih).

Jangan sampai ada pengalaman buruk yang merekat dalam dirimu, apapun pengalaman itu, sekecil apapun itu. Baiknya, pengalaman-pengalaman buruk cukup aja deh dipelajari dari orang-orang yang mengalaminya, dan kita gak perlu lah turut mengalaminya hanya untuk sekedar mendapat pengalaman berharga.

Sukses selalu dan Tuhan Memberkati

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :