Saturday, September 7, 2013

Pemikiran Yang Sia-sia

Banyak hal yang pernah terpikirkan di benak saya, dan bahkan menjadi pertanyaan yang mengganjal, dan bahkan terkadang tidak terjawabkan oleh saya dan orang-orang yang saya tanyai.

Memikirkan Bentuk Tubuh Manusia

Pemikiran-pemikiran tersebut lahir dari keingintahuan saya akan segala sesuatu yang menurut saya aneh, yah walaupun terkadang itu telah di bentuk sedemikian rupa sehingga orang menganggapnya sebagai hal yang wajar atau biasa saja, namun saya terkadang memandangnya sebagai salah satu keanehan (yang patut di pertanyakan).

Pertanyaan dan atau pemikiran tersebut terkadang hanya menjadi sesuatu yang tidak berguna, dan tidak terjawab begitu saja. Dan bahkan ketika saya mengemukakannnya kepada orang lain, terkadang orang lain mengganggap itu sebagai suatu pertanyaan yang bodoh dan tidak layak untuk dipertanyakan. Namun sekarang saya menganggap hal itu sebagai sebuah pemikiran yang sia-sia, yah memang sia-sia dan tidak layak untuk dipikirkan dan ditanyakan.

Salah satu pemikiran atau lebih tepatnya pertanyaan tersebut adalah mengenai Grand Desain dari tubuh manusia. Saya tidak tahu kapan persisnya pertanyaan ini muncul didalam diri saya, tapi yang pasti pertanyaan ini telah lama saya pertanyakan dalam diri saya (mungkin kalau tidak salah sejak SMP atau SD pertama kali saya menanyakan akan hal ini).

Mengenai Grand Desain tubuh manusia tersebut, pertanyaannya adalah "Mengapa Tubuh Manusia diciptakan begini? Mengapa tidak Begitu, dan sebagainya?" Itulah yang saya pikirkan didalam diri saya mengenai tubuh manusia, dari pertanyaan-pertanyaan tersebut banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya muncul  Dan salah satunya pertanyaan ini yang mengapa seolah semuanya itu (tubuh manusia) membentuk sebuah sistem dengan sempurna dan saling melengkapi satu sama lain, dan saling bekerja sama untuk saling membentuk suatu fungsi atau bahkan kesatuan fungsi sehingga kita dapat melakukan berbagai gerakan.

Saya juga bertanya mengapa hewan yang berkaki 4 diciptakan begitu (memiliki kaki 4), dan mengapa tidak berkaki 2 saja, atau bahkan mengapa manusia tidak berkaki 4 saja, atau bagaimana seandainya jika manusia itu diciptakan berkaki 4, apa peradaban yang akan timbul jika hal tersebut terjadi, dan apa peradaban sekarang yang akan hilang jika hal itu terjadi?

Itu yang menjadi pertanyaan saya selama ini, sebagian dari hal itu mungkin telah terjawab sekarang. Dan pertanyaan intinya mungkin juga telah terjawab. Jawabannya adalah, itu merupakan ciptaan Tuhan, dan Tuhan punya rencana atas semua itu. Mungkin anda bergerutu, ini kok terlalu rohaniah banget jawabannya.

OK sekarang saya mencoba menjawab dari pandangan lain di luar kacamata agama, atau yang tidak melibatkan Tuhan (walaupun saya tidak puas dengan jawaban ini). Jadi mengapa tubuh manusia bentuknya seperti itu? Itu adalah suatu Grand Desain yang muncul karena dari evolusi, seleksi alam atau adaptasi terhadap lingkungan (Darwin banget jawabannya, tapi ini sebisa saya).

Ingat manusia punya kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya, jadi bisa saja itu terjadi karena adaptasi terhadap lingkungannya dulu (bisa saja dulu manusia berkaki 4 dan tanpa tangan dan bla-bla-bla, berkembang, bla-bla-bla). Itu sih memakai teori kira-kira, karena gak ada yang tahu pasti apakah memang benar teori evolusi tersebut (walaupun katanya udah terpatahkan).

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :