Friday, October 4, 2013

Jangan salah mengerti

Jadi ceritanya suatu ketika saya sedang menghadiri suatu acara di kampus, dan itu adalah acara yang menyangkut dan dan merupakan sebuah acara yang formal.

Ada suatu hal yang menarik ketika saya mengikuti acara ini, yaitu dari gaya pembicaraannya pemandu acara yang berorasi di depan. Dia berorasi dengan menggunakan kata-kata yang tidak saya mengerti dan memang tidak sesuai (bukan tidak pantas) untuk digunakan dalam acara yang berhubungan dengan bidang akademik ini.

Jadi kata-kata yang tidak saya mengerti tersebut bukanlah kata-kata yang tidak pantas untuk disebutkan, atau kata-kata kotor. Kata tersebut adalah kata-kata yang menunjukkan pria dan wanita dalam bahasa suatu agama tertentu (bukan saya bermaksud mengungkit-ungkit SARA). Yah saya sih berpikiran begini, itukan sebuah acara yang resmi dan merupakan acara akademik, mungkin sebaiknya kita sebagai mahasiswa tahulah dalam menempatkan diri. Tidak mestilah kita harus menggunakan istilah-istilah yang tidak Universal, apalagi acara itu bukan acara yang hanya di hadiri suatu golongan suku, ras, agama atau bangsa, itu acara suatu yang di hadiri oleh banyak orang dari berbagai golongan (yang hadir adalah mahasiswa).

Bisa terjadikan suatu salah pengertian yang diakibatkan tidak mengertinya orang yang mendapat arahan atau perintah tersebut.

Dan banyak hal lainnya yang saya temui dalam kehidupan sehari-hari yang hampir-hampir sama dengan cerita diatas kejadiannya. Seperti salah satunya ketika saya membuat janji dengan teman saya, dan dia menjanjikan pertemuan pada periode tertentu yang lagi-lagi menunjukkan waktu dalam suatu keagamaan. Dan saya sering salah tanggapan, saya terkadang hadir bahkan hingga 1-2 jam sebelum atau bahkan sesudah waktu dimaksud, karena saya tidak tahu tepatnya waktu yang dimaksudnya kapan (walau saya tahu sekitaran waktu itu kapan).

Yah ini mungkin hanya tidak jelas dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan, tidak ada maksud untuk menyinggung-nyinggung sesuatu yang berhubungan dengan SARA, dan tidak ada maksud untuk menyerang suatu kelompok tertentu.

Salam

RHPS
http://notes.rioharapan.com

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :