Friday, August 22, 2014

Cita-cita mempunyai webserver

Dua tahun lalu, saya sempat menuliskan cita-cita saya yang ingin saya capai kedepannya. Saya menulis dimana saya ingin kuliah, apa bidang yang ingin saya ambil, dan banyak hal lainnya. Salah satu poin yang turut saya tulis adalah saya ingin mempunyai sebuah Web Server sendiri.

Hari-hari belakangan ini, saya bersyukur saya dapat mencapai hal tersebut. Saya dapat memiliki sebuah WebServer sendiri. Yah walaupun tidak benar-benar sendiri dan belum sesuai dengan yang saya harapkan. Jadi Server ini adalah salah satu server yang berada di lingkungan kampus tempat saya belajar. Jadi bukan sepenuhnya kepemilikan saya dan bukan sepenuhnya server, karena server tersebut merupakan Virtual Private Server (VPS).

Satu hal lagi yang membuat ini berbeda dengan server yang saya cita-citakan adalah server ini hanya bisa di akses dari dalam lingkungan kampus saya. Jadi orang-orang luar kampus tidak dapat mengaksesnya, hanya mereka yang memakai jaringan internet kampus yang dapat memakainya.

Saya masih belum tahu, apa yang harus saya buat untuk server ini. Sementara ini saya hanya memakai layanan FTP server untuk transfer data dalam jaringan kampus. Rencananya saya ingin menjadi itu sebagai WebServer yang akan membantu seluruh civitas akademika di kampus dengan suatu aplikasi yang akan saya buat. Aplikasi ini sudah saya pikirkan dari beberapa waktu yang lalu, namun saya masih belum cukup ilmu untuk menggarapnya.

Gambar 1. Tampilan sebuah server di CERN

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :