Thursday, August 21, 2014

Dokumentasi FreeBSD

Belakangan ini saya sedang mempelajari satu Sistem Operasi berbasis UNIX yang sangat powerfull untuk digunakan sebagai server. Berikut penjelasan secara singkat apa itu FreeBSD yang saya kutip dari wikipedia.


FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite

Jadi Sistem Operasi ini berbasiskan Command Line (walaupun kita dapat menambahkan GUI-nya). Semua kegiatan dan penggunaan Aplikasi ini sangat bergantung pada perintah yang kita ketikkan dan masukkan ke sistem tersebut.

Ohya untuk mempermudah saya belajar, saya akan membuat dokumentasi dari setiap hal yang saya lakukan di FreeBSD, mulai dari hal yang paling kecil hingga paling besar. Semua dokumentasi yang saya buat, saya usahakan untuk membuatnya dengan gambar screenshot dari Command di FreeBSD tersebut dan tampilan layar yang saya hadapi. Dalam hal pembuatan dokumentasipun saya berusaha untuk membuatnya dengan bahasa yang sederhana dan secara step-by-step. Tujuannya adalah agar para pembaca dapat memahami dan dapat dengan mudah mempelajari FreeBSD.

Berikut alamat blog-nya
http://freebsdoc.blogspot.com/ 

Dalam pembuatan dokumentasi, saya tidak sendiri. Saya bersama seorang teman yang bernama Ibrohim. Dia dan saya akan bersama-sama dalam melengkapi blog tersebut dengan dokumentasi FreeBSD.

Kedepannya saya juga berencana mengkategorikan artikel-artikel tersebut menjadi tingkat kemahirannya. Seperti untuk hal-hal yang mudah saya kategorikan sebagai Basic, lalu untuk hal-hal yang sedikit lebih rumit akan dikategorikan sebagai Intermediete, sedangkan untuk hal-hal yang rumit akan saya kategorikan sebagai Advanced. Dengan ini diharapkan para pembaca dapat memilih bagian mana yang harus mereka pelajari tergantung tingkat kemahiran mereka. Walaupun dalam hal ini setiap dokumentasi diusahakan untuk dapat diikuti oleh semua kalangan.

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :