Thursday, August 14, 2014

Salah dan Benar

Salah dan Benar

Salah dan benar, keadaan yang saling bertolak belakang. Ketika benar, maka tidak ada tempat untuk salah dan ketika salah maka pasti tidak benar. Dan tidak ada tempat diantara keduanya yang tidak salah dan tidak, atau sama-sama benar dan sama-sama salah.

Namun, dalam kenyataannya yang kita jalani, entah mengapa selalu ada tempat diantara keduanya, sesuatu hal bisa dianggap salah dan benar secara bersamaan, atau dianggap tidak salah dan tidak benar. Seperti ada daerah abu-abu didalam hitam atau putih.

Dalam kehidupan yang kita jalani, bahkan adakalanya benar disulap menjadi salah dan salah berubah menjadi benar, entah apa yang terjadi atau entah apa yang menyebabkan perubahan itu, tapi itu nyata. Ada saja hal-hal yang membuat hitam menjadi putih, atau putih menjadi hitam secara instan.

Dalam kehidupan, kita tahu untuk menjernihkan air yang hitam dengan menambahkan air jernih secara terus-menerus, itu butuh proses, dan tidak instan, tidak dengan sulap-selip. Sadar atau tidak keinstanan dalam merubah hitam dan putih ini yang membuat pandangan kita menjadi berubah, kita tidak bisa membedakan hitam dan putih lagi.

Kesalahan terbesar yang telah kita lakukan lagi di dunia nyata ini adalah memandang hitam sebagai putih dan (atau) memandang putih sebagai hitam. Hati atau pikiran kita menjadi tidak bisa membedakan hitam dan putih.

Hal yang sangat fatal dilakukan
Kesalahan dalam ketidakbisaan membedakan salah dan benar akan berdampak besar dalam kehidupan kita. Masalahnya bukan hanya sesimpel seperti ketika tidak bisa membedakan yang mana depan atau yang mana belakang dari sebuah sisi koin. Namun di balik semua itu adalah dampak dari semua ini (ketidakbisaan kita membedakan salah dan benar). Kehidupan kita menjadi kacau, kebutaan kita terhadap hal-hal yang salah dan benar, dan yang paling penting dari kebutaan ini adalah kebutaan pikiran dan terutama hati kita.
Banyak yang dirugikan dari kesalahan membedakan salah dan benar ini. Namun tidak sedikit juga yang diuntungkan. Dan pada akhirnya akan banyak orang yang memilih daerah aman, daerah abu-abu. (@riiocr)

RHPS
Januari 2014

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :