Wednesday, December 10, 2014

Down dan Berpindah Hosting

Selama lebih dari 24 jam blog ini offline dan tidak bisa diakses. Bodohnya, ini terjadi hanya karena kesalahanku dan emosi.

Yah beberapa saat sebelumnya aku mengutak-atik situs penyedia layanan domain untuk blog ini. Dan memang mereka baru meng-upgrade tampilan untuk clientnya sehingga aku harus melakukan beberapa penyesuaian disana-sini dan membiasakan diri.

Kemudian karena tidak sabar, dan memang tidak menemukan panel untuk pengaturan domain, akhirnya saya melakuan perubahan nameserver secara acak, dan semua perubahan itu pada akhirnya saya revert ke pengaturan default dari layanan tersebut.

Untuk pengaturan domain ini tersendiri, ada beberapa hal yang telah saya ubah sehingga, ketika dikembalikan ke pengaturan defaultnya, justru yang terjadi kesalahan pada pengaturan domainnya.

Dan jadilah ini, sesuatu yang tidak diinginkan, blog ini sudah offline selama 2 hari. Saya telah mengembalikan pengaturannya kepengaturan sebelumnya, sebelum ada masalah ini dengna di bantu CS-nya penyedia layanan yang sangat responsive. Namun harus menunggu lagi maksimal selama 1x24 jam.

Untuknya back-end blog ini masih bisa diakses, karena saya menggunakan layanan blogger, dan saya masih bisa menulis postingan ini.

Rencana Kedepan

Rencana kedepannya saya ingin memindahkan layanan blog ini dari blogger ke hostingan pribadi dengan menggunakan wordpress. Karena beberapa hal saya temui kelebihan dari wordpress yang cukup menyenangkan.

Mungkin perpindahan ini akan memakan waktu lama dan hanya akan dilakukan secara silence..

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :