Thursday, January 15, 2015

Minggu Pertama Kulaih Entreprenuership I in EdX.org

Ok, minggu pertama kuliah di EdX.org saya mendapatkan sesuatu yang menarik tentang bisnis yang merupakan kebalikan dari diri saya, dan dari dahulu saya menyadarinya namun tidak ingin merubah diri.

Apakah itu, fokus. Jadi diawalnya mereka mengajarkan bahwa bisnis adalah mengenai Customer yang Membayar, itulah bisnis yang sebenarnya, jadi jika kita telah mendapat Customer yang membayar kita telah berbisnis.

Selanjutnya adalah Fokus. Ketika kita telah menetapkan sebuah tujuan kita harus fokus didalamnya. Mereka mencontohkan ada seseorang yang ingin membuka Dealer Mobil Lambhorgini di Boston. Kemudian dia menginvestasikan Jutaan uangnya dengan memperkerjakan 2 orang teknisi, menyewa tempat dan banyak hal lainnya. Ketika dia membuka tokonya beberapa saat lamanya, dia tidak menemukan pelanggan, hingga akhirnya seorang teman perempuan lamanya datang dan memintanya untuk memperbaiki Mobilnya walaupun Mobilnya bukan Lambhorgini dan akan membayar U$900. Teman perempuannya mempercayakan ini kepada dia karena dia merupakan teman lamanya dan tidak ada orang lain lagi yang dipercayakannya. Selanjutnya kita diminta untuk menentukan apakah kita harus mengambil kesempatan ini?

Saya berpikir harus mengambil kesempatan ini, karena itu adalah uang. Namun saya salah karena kita seharusnya tidak mengambil kesempatan itu, alasanya adalah karena kita telah menginvestasikan banyak uang kita untuk berbisnis Lamborghini dan ketika kita mengerjakan diluar dari yang kita investasikan walaupun menghasilkan uang, apakah investasi kita berhasil?

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :