Tuesday, June 9, 2015

RAM

Komputer pertama yang saya gunakan ketika saya kelas 3 SMP adalah sebuah komputer Pentium 4 dengan Clock 1.8 GHz, komputer tersebut dilengkapi RAM 256 MB dan Grapichs Card Nividia dengan Memory 256 MB. Komputer tersebut merupakan komputer abang sepupu saya yang waktu itu tinggal dirumah saya. Hal-hal yang saya lakukan sewaktu itu hanya sebatas mengetik dan main game flash yang sebentar saja membosankan. Oiya Operating System yang saat itu digunakan adalah Windows XP yang walaupun saat itu telah ada Windows versi terbaru yaitu Vista, namun komputer tersebut sepertinya tidak dapat di menggunakan Windows Vista.

Kemudian RAM komputer tersebut di upgrade menjadi 512 MB. Meningkat dua kali lipat, maka semakin banyak hal yang bisa saya lakukan dengannya. Terutama bermain game. Saat itu saya dapat bermain game yang sedikit agak berat seperti Commander, Stronghold Crussader dan beberapa Game lainnya.

Karena RAM di upgrade menjadi 512 MB, maka RAM 256 MB tadi tidak terpakai. Namun kemudian abang saya memasang RAM tersebut sehingga total Memory komputer saat itu adalah 768 MB. Dengan RAM segini, semakin banyak hal lagi yang dapat saya kerjakan. Saya dapat bermain game Need For Speed Underground, dan FIFA versi lama. Selain itu saya juga dapat menginstall banyak software yang lumayan berat, seperti Adobe Photoshop CS, Visual Basic 6.0 dan lain sebagainya.

Kemudian orang tua saya membelikan Laptop dengan RAM 2 GB dan Processor Core I5 edisi pertama. Hal yang luar biasa, semakin banyak yang bisa saya lakukan. Tidak hanya sekedar bermain game, saya dapat menginstall software-software yang bermanfaat di laptop tersebut seperti Visual Studio 2010, Corel Draw dan lain sebagainya. Saya di sini juga menggunakan Windows 7, walaupun saat ini telah ada Windows 8 dan Windows 8.1 namun masih enak menggunakna Windows 7, selain itu Windows 8 ada beberapa permasalahan kompabilitas di laptop saya.

Laptop ini terus saya pergunakan hingga Kuliah. Ketika kuliah semakin banyak lagi software yang dapat saya pergunakan. Dan saat inilah saya rasa RAM 2 GB tidak cukup. Banyak software yang terkendala ketika saya jalankan di laptop dengan RAM 2 GB ini. Dan betul-betul saya memerlukan RAM baru yang lebih tinggi.

Akhirnya saya dapat mengupgrade RAM saya menjadi 8 GB. Luar biasa, semakin banyak hal bisa saya lakukan dengan RAM sebesar ini. Saya tidak perlu menunggu untuk update windows lagi yang sangat membutuhkan memory besar. Ketika RAM saya masih 2 GB diawal laptop menyala dan ada koneksi internet, saya harus menunggu beberapa puluh menit untuk update Windows yang memakan memory hampir 2 GB. Sekarang, mau update atau enggak, tidak ada bedanya.

Satu lagi, saya dapat menjalankan Android Development Tools dan Eclipse secara bersamaan. Menyenangkan. Saya berharap, dengan kelebihan yang saya miliki sekarang ini, saya dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya, dan tidak menyia-nyiakannya.

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :