Wednesday, October 14, 2015

Buku apa saja yang telah ku baca?

Ketika aku melihat lagi koleksi buku yang telah aku baca, aku menemukan bahwa sebagian besar buku yang kubaca merupakan buku sosial humaniora, filsafat, agama dan sejarah. Hal yang sama ketika aku melihat beberapa buku yang akan kubaca juga berjenis yang sama. Ini bukanlah menjadi masalah yang besar ketika aku cenderung membaca jenis buku yang bersifat sosial humaniora bahkan filsafat sekalipun. Namun selayaknya seorang yang sedang mendalami Sains dan merasa memiliki jiwa Enjiner, seharusnya buku-buku teknis-lah yang akan mengisi ruang bacaku.

Aku teringat ketika membaca cerita mengenai Elon Musk, bagaimana seorang programmer yang memenuhi ruang bacanya dengan buku-buku teknis tentang roket yang dipinjamnya dari seorang teman sekerjanya. Hingga akhirnya Elon Musk mendirikan Tesla dan meluncurkan roket, yang biasanya proyek peluncuran roket dilakukan oleh sebuah organisasi pemerintahan seperti NASA dan LAPAN-nya India. Aku belajar dari Elon Musk mengenai kekuatannya membaca.

Begitu juga dengan Bill Gates, dalam ruang bacanya dia telah menyelesaikan 3 jilid Lecture Notes Richard Feynmann. Yang walaupun orang berkata bahwa itu adalah hal yang wajar, "Hey, Bukunya Feynmann itu enak dibaca." Opiniku ialah walaupun memang Lecture Notes tersebut enak untuk dibaca namun tetap saja sesuatu yang luar biasa Gates membacanya, dalam hal ini aku membicarakan konteks bacaannya yaitu Fisika.

Beberapa hal lainnya mengenai ruang bacaku ialah, aku melihat beberapa buku yang ada merupakan buku yang kata orang kurang serius. Sesuatu yang hanya dengan kerajinan penulisnya untuk menyadur dari berbagai sumber di Internet, sehingga dapat tercipta buku tersebut. Buku-buku yang penulisnya menulis buku tersebut bukan dari pengalamannya membaca, namun dari pengalamannya menyimpulkan dari sekian banyak sumber dan hadirlah sebuah buku kecil itu.

Diakhir tulisan ini, aku hanya ingin memberi tahu bahwa aku masih berutang diri pada janjiku sendiri untuk menuliskan beberapa baris mengenai pengalamanku setelahku membaca beberapa buku. Buku-buku tersebut ialah I Have A Dream oleh Martin Luther King Jr., Outliers, Blink, David and Goliath oleh Malcolm Gladwell dan beberapa buku kecil Tan Malaka. Aku harus segera menyelesaikannya sebelum waktu semakin jauh berputar.

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :