Tuesday, October 13, 2015

Buku : PEMETAAN KELOMPOK ISLAM RADIKAL DAN ISLAM FUNDAMENTALIS DI INDONESIA

Pagi ini saya baru saja menyelesaikan membaca sebuah karya ilmiah yang ditulis oleh Al Chaidar
dari Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh. Disebut karya ilmiah karena sebenarnya saya tidak tahu apa bentuk tulisan ini, yang pasti terlalu panjang untuk sebuah paper dan mungkin terlalu tidak sesuai untuk sebuah skripsi atau TA. Karya sepanjang 72 halaman yang berjudul PEMETAAN KELOMPOK ISLAM RADIKAL DAN ISLAM FUNDAMENTALIS DI INDONESIA ini, sesuai dengan judulnya, memang karya ilmiah ini membahas mengenia kelompok islam radikal dan fundamentalis di Indonesia.

Setidaknya tulisan ini mendefinisikan bagaimana Islam itu dan pergerakan-pergerakan yang ada disekitar kita. Selama ini pikiran saya hanya berkutat pada islam secara utuh sebagai agama ketika saya mendengar dan membahas mengenai isu-isu terorisme, pemboman dan pergerakan-pergerakan yang mengancam keutuhan bangsa. Ditambah pergerakan ini tidak hanya menyasar kepada golongan-golongan islam, namun semua orang dapat dengan bebas mengakses pengajaran-pengajaran yang mengatakan bahwa demokrasi adalah sistem yang salah, bahwa seharusnya sistem pemerintahan islam yang akan membawa kita kesejahteraan. Namun, ketika membaca buku ini setidaknya saya masih mendapat sedikit harapan bahwa, masih dapat timbul kedamaian dan dan kerukunan di masyarakat. Perasaan tenteram tanpa saling curiga ketika saya bertemu dengan orang-orang yang tidak seagama dengan saya.

Beberapa informasi yang menurut saya masih kurang pas pada buku ini adalah mengenai pemetaan faksi-faksi Darul Islam beserta jumlah pengikutnya. Mungkin yang lebih tepat adalah sebagai tebakan atau perkiraan mengenai jumlah pengikut faksi darul islam di Indonesia. Data yang diberikan pada informasi tersebut masih terlalu bagus dan sempurna, saya rasa tidak mencerminkan pada keadaan sesungguhnya di lapangan.

Sebagai penutup, mungkin saya ingin membaca beberapa buku lainnya yang akan menambah wawasan. Dan beberapa buku penyeimbang lainnya agar sudut pandang saya tidak menjadi berat sebelah. Beberapa buku yang dikutip didalam buku tersebut sepertinya layak untuk dibaca dan ditelusuri lebih lanjut, seperti buku Muhammad:  A Biography  Of  The Prophet, dan The Battle of God karangan Karen Amstrong. Dari Biografi singkat Karen Amstrong yang ada di Wikipedia, beberapa karyanya cukup menarik untuk ditelusuri lebih jauh lagi.

Anda dapat mengakses buku tersebut disini PEMETAAN KELOMPOK ISLAM RADIKAL DAN ISLAM FUNDAMENTALIS DI INDONESIA

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :