Tuesday, September 27, 2016

Tantangan Yang Harus Dihadapi Oleh Toko Online

Tantangan yang dihadapi oleh toko online terpercaya di Indonesia memang tidak sedikit, Salah satunya adalah adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Adanya ketetapan antar negara-negara Asian tersebut membuat para pelaku usaha di Indonesia terus melakukan inovasi atau terbawa Arus dengan produk dan jasa dari negara lain. Jadi bila Anda salah satu dari pemilik toko online di Indonesia harus siap menjawab segala permasalahan bisnis yang sedang atau akan terjadi.

Sebagai pelanggan yang sudah terbiasa belanja melalui toko online terpercaya harus mengetahui tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh penyedia jasa belanja online agar tetap mengetahui perubahan yang terjadi baik dari sisi harga maupun kualitas produknya. Berikut uraian lebih lengkapnya, antara lain:


  • Nilai tukar rupiah terhadap dolar, walaupun memang tidak mempengaruhi secara langsung namun untuk beberapa produk yang dijual seperti barang elektronik hingga gadget akan terkena dampak dengan adanya kenaikan harga. Dengan begitu mau tidak mau toko online pun akan mengadakan penyesuaian agar pelanggannya tetap melakukan pembelanjaan secara online.
  • Adanya produk cina, bagi toko online yang hanya menyediakan lapak untuk penjual online mungkin tidak terlalu berpengaruh namun bagi toko online yang menjual langsung produknya tentu akan ikut bersaing dari sisi harga dengan ikut menyesuaikan produk cina yang beredar. Sebagai contoh produk pakaian, hingga mainan anak-anak yang umumnya lebih murah produk dari china.
  • Daya beli masyarakat yang rendah, dalam hal ini tidak semua masyarakat mampu membeli secara online dikarenakan harga yang tercantum di toko online tersebut. Oleh karenanya pemilik toko online harus berinvestasi agar semua masyarakat bisa mendapatkan kesempatan dengan memberikan harga diskon dalam beberapa periode.
  • Pendidikan internet, walaupun masyarakat indonesia cukup banyak namun yang berbelanja secara online masih dikisahkan 5-20% paling banyak. Dikarenakan pemahaman mengenai internet dan cara belanja online yang masih belum memasyarakat.
  • Jangkauan Internet, Indonesia dengan negara kepulauannya ternyata masih berbenah mengenai jaringan internet yang ada. Dari seluruh masyarakat indonesia pengguna internet belum sampai 30% nya. Sehingga jumlah calon pelanggan belanja online pun masih cukup besar.

Dengan memahami tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh pemilik toko online terpercaya tersebut harapannya baik pelanggan maupun pemilik toko online tetap memprioritaskan produk dari negeri sendiri khususnya sebelum memilih produk dari negara lain.

0 comments:

Post a Comment

Mengomentari :